To Top

Berita Stranas PK

Aksi Pencegahan Korupsi 2019-2020

  • Home
  • Berita
  • Evaluasi Capaian Target B03 dan Rencana Tindak Lanjut UKPBJ

Kamis tanggal 16 Mei 2019, di Jakarta telah diadakan rapat Evaluasi Capaian Target B03 dan Rencana Tindak Lanjut Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ). Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa, dan Kementerian PAN-RB. Stranas PK diwakili oleh Hayidrali, Audi Wuisang, dan Selvi Martiana sebagai penanggung jawab Aksi UKPBJ.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengevaluasi capaian B03 aksi UKPBJ yang dijalankan oleh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah, tantangan dan potensi hambatan dalam pelaksanaan aksi, dan rencana tindak lanjut aksi. Kegiatan dihadiri oleh sekitar 18 orang yang sebagian besar berasal dari Kemendagri, LKPP dan KemenPAN-RB, dan sebagiannya perwakilan dari Kementerian/Lembaga di tingkat Pusat.

Relevansi pada Fokus Stranas PK adalah fokus 2 Keuangan Negara dan relevansi aksi pencegahan korupsi aksi 7 yakni peningkatan profesionalitas dan modernisasi pengadaan barang dan jasa. Output dari kegiatan adalah strategi pelaksanaan aksi pencegahan korupsi untuk mencapai target B03 UKPBJ.

Highlight pembahasan yang mengemuka adalah tantangan bagi UKPBJ Pemda yang kurang adanya pendampingan teknis dalam pengisian jabatan fungsional, peluang peningkatan karir yang belum pasti, serta belum ada ketetapan yang mengatur tentang pemberian insentif bagi pegawai, yang mengakibatkan keengganan ASN untuk mengisi jabatan di UKPBJ. KemenPAN-RB akan mengeluarkan pedoman bagi pembentukan UKPBJ di Kementerian/Lembaga (kemungkinan dalam bentuk Surat Edaran). Wewenang pemberian insentif ASN merupakan wewenang Kementerian Keuangan.

Rekomendasi yang digulirkan di akhir sesi, bahwa LKPP didorong untuk melakukan pendampingan teknis lebih intensif kepada Pemda, dan perlunya mengikutsertakan Kementerian Keuangan dalam pembahasan insentif bagi pegawai pengisi jabatan fungsional UKPBJ.