To Top

Berita Stranas PK

Aksi Pencegahan Korupsi 2019-2020

  • Home
  • Berita
  • Koordinasi Kawal Integrasi Data Keuangan Provinsi Jawa Barat, sebagai bagian dari Stranas PK

Pada 18 Juni 2019 di ruang Papandayan Gedung Sate Bandung telah dilakukan Rapat Koordinasi persiapan implementasi awal integrasi data keuangan di Provinsi Jawa Barat, dimana kegiatan ini adalah bagian dari Fokus 2, yakni Keuangan Negara, bagaimana mengoptimalkan penerimaan negara dari penerimaan pajak dan non pajak.  

“Saya berikan barang yang paling mahal kepada Aksi ini, yaitu: Political Will!”. Demikian penegasan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada acara tersebut. Gubernur Jawa Barat menyatakan komitmen politik yang kuat untuk mencapai target integrasi pajak pusat dan daerah di seluruh Jawa Barat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga telah memiliki inovasi untuk peningkatan penerimaan daerah. Sebagai bentuk dari aksi kolektif dengan perbankan, BJB juga menyatakan siap terlibat dalam kerja kolaboratif untuk mencapai target yang ditetapkan.

Rapat Koordinasi dihadiri oleh lebih dari 50 orang; Gubernur Jawa Barat, Pejabat di lingkungan Provinsi Jawa Barat, Pejabat DJP dan DJPK, Perwakilan dari Perbankan, Korsupgah dan Tim Setnas PK yang diwakili oleh Frida Rustiani, Fridolin Joseph Berek dan Muhammad Isro.

Hasil dari kegiatan ini, disepakati bahwa (1) Bappeda Jawa Barat menjadi Koordinator Tim Teknis untuk Koordinasi percepatan integrasi pajak pusat dan daerah di seluruh wilayah Jawa Barat, (2) DJP bersama Setnas PK dan Korsupgah akan melakukan pendampingan dan asistensi.

Rekomendasi dari kegiatan ini adalah; (1) agar segera ditetapkan SK Tim Teknis, (2) Pertemuan koordinasi teknis setiap bulan 1x, (3) langkah kerja, identifikasi dan analisa struktur data, pembahasan proses bisnis dan platform integrase data perlu ditindaklanjuti.