To Top

Berita Stranas PK

Aksi Pencegahan Korupsi 2019-2020

  • Home
  • Berita
  • Sosialisasi dan Bimtek Sistem Informasi Penilaian Kinerja ASN sebagai bagian dari Stranas PK

Pada tanggal 21-22 Mei 2019 bertempat di Kantor Regional XI, Kota Manado, dilaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Penilaian Kinerja ASN, dengan dihadiri oleh lebih dari 20 Peserta dari Sestama BKN, Direktur Kinerja BKN, Kakanreg BKN, BKD Provinsi Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Gorontalo. Tim dari Sekretariat Nasional Stranas PK yang hadiri adalah Audy Wuisang.

Tujuan dari kegiatan ini adalah:
1. Melakukan sosialisasi Sistem Informasi (Aplikasi Kinerja) Pegawai ASN,
2. Bimbingan Teknis menggunakan Aplikasi Kinerja,
3. Memahami Aspek Pencegahan Korupsi dalam Aksi Sistem Merit termasuk Penilaian Kinerja.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pencapaian fokus Stranas PK yakni penguatan pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia. Hasil dari kegiatan adalah penggunaan aplikasi penilaian kinerja ASN.

Beberapa hal yang dibahas dalam kegiatan adalah tentang (a) terbitnya PP Nomor 30/2019 tentang Penilaian Kinerja, (b) mempermudah Penilaian Kinerja Pegawai ASN, (c) pentingnya penilaian kinerja yang rutin dan (d) penilaian kinerja sebagai bagian dari sistem pengembangan karir.

Rekomendasi yang dihasilkan untuk ditindaklanjuti adalah; (1) Semua KLOP mendorong penggunaaan aplikasi penilaian kinerja untuk mempermudah proses penilaian kinerja itu sendiri, (2) PP No. 30/2019 adalah bentuk dari dukungan berupa regulasi yang sangat baik, (3) Penilaian kinerja melalui aplikasi kinerja adalah salah satu cara sistematisasi penataan dan manajemen ASN berdasarkan Sistem Merit.

Bagaimana pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lembaga Anda?

(Tim Setnas Stranas PK)