To Top

Berita Stranas PK

Aksi Pencegahan Korupsi 2019-2020

  • Home
  • Berita
  • Stranas PK Dorong Pemadanan Data Kependudukan untuk Subsidi Listrik

 

 

Stranas PK terus mendorong penggunaan data kependudukan yang optimal untuk pendataan dan penyaluran bantuan sosial, subsidi dan program vaksinasi khususnya yang tercakup dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Salah satu program subsidi pemerintah yang dilakukan adalah pemberian subsidi listrik bagi masyarakat miskin.

Stranas PK mendorong PLN agar data kependudukan bisa dioptimalkan dalam pemberian pelayanan publik. Hal ini ditanggapi dengan telah ditandatanganinya MoU antara Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil dengan PT PLN untuk akses data kependudukan. PLN juga melakukan sinkronisasi data pelanggan dengan data kependudukan.

Stranas PK bersama dengan Kementerian Dalam Negeri, Dukcapil dan PLN hari ini mengadakan pertemuan secara online untuk membahas mengenai hasil sinkronisasi data NIK dengan data pelanggan PLN. Dari 79,4 juta data pelanggan PLN hanya 31 juta data yang sudah dilengkapi dengan data NIK dan dari data tersebut kurang lebih 50% nya telah padan dengan data kependudukan. Dari hasil koordinasi hari ini teridentifikasi bahwa diperlukan pemetaan data penerima subsidi atas hasil data yang terpadankan dengan data kependudukan serta pemadanan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial untuk melihat ketepatan pemberian subsidi yang saat ini masih berbasis komoditas dimana setiap pelanggan PLN tarif 450va diberikan subsidi walaupun tidak tergolong sebagai masyarakat miskin.

Stranas PK akan terus mengawal koordinasi antara Kementerian Dalam Negeri, PT PLN, Kementerian ESDM dan Kementerian Sosial untuk peningkatan akurasi data penerima program subsidi listrik yang ditujukan untuk masyarakat miskin.